10 April 2019

Knowledge Sharing Manajemen Kajian Pengelolaan Hutan Tanaman Kayu Putih di KPH Mojokerto

CEPU, PERHUTANI (04/4/2019) | Pusat Penelilitan dan Pengembangan (Puslitbang) Perhutani mengadakan Knawledge  Sharing Manajemen Kajian Pengelolaan Tanaman Kayu Putih bersama KPH Mojokerto, Narasumber dari Pusdikbang SDM Madiun dan LMDH  Wonosuko bertempat di Omah Duwur Rumah Dinas  Waka  ADM  Mojokerto Barat  pada Kamis  (4/4).

ADM/KKPH Mojokerto Suratno menyampaikan bahwa KPH Mojokerto untuk menjadi  KPH mandiri kedepan, yang mempunyai cluster tanaman kayu putih  untuk bisa mencontoh segi sosial ekologi  dari keberhasilan pengelolaan tanaman kayu putih di BKPH Bluluk.  Teman-teman BKPH yang lain diharapkan bisa menduplikasi keberhasil BKPH Bluluk jelas ,”Suratno.

Dalam sambutannya Kapuslitbang Perhutani, Yahya Amin,” Puslitbang Perhutani banyak mempunyai tugas untuk  melakukan kajian-kajian, Puslitbang mempunyai 6 kelompok Peneliti, Penelitian  hulu sampai hilir, penelitian hulu adalah  Jati, Fast Growing Spesies(FGS)dan Pinus sedangkan penelitian hilir yaitu Industri  Pemasaran, Kelola Sosial dan Prosduksi.

Capaian  penelitian Puslitbang Perhutani yang sangat signifikan salah satunya adalah  Kayu Putih Unggul, yang mempunyai keunggulan  sudah bisa dipangkas panen saat umur 2 tahun dan  pangkas   lanjutan saat umur 6 bulan dengan rendemen diatas 1%, dan untuk meningkatkan Produktivitas Daun Kayu Putih Unggul dengan metode Teknologi Pangkas bertingkat(TEPAT) yang dapat menaikkan biomasa samapai dengan 30% dibandingkan secara konvensional, “jelas Yahya Amin.

Perwakilan dari Pusdikbang SDM Yuyun Vina Yulia menyampaikan Knowledge Sharing Efektif jika pengetahuan yang dibagikan dapat diterima dengan baik oleh penerima/audience hingga terinspirasi melakukan hal yang disampaikan.  Untuk itu perlu berlatih dan meminta umpan balik dari audience sebagai bahan evaluasi  jelas  Yuyun Vina Yulia.

Selanjutnya dalam acara  Knowledge Sharing mengadakan kunjungan lapangan tanaman Kayu Putih petak 1a RPH Sukarame, BKPH Bluluk, KPH Mojokerto sebagai contoh keberhasilan pengelolaan tanaman kayu putih unggul.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)  Wonosuko Samijo akan selalu bekerja sama dengan Perhutani dalam membangun keberhasilan pengelolaan tanaman Kayu Putih Unggul di wilayah BKPH Bluluk KPH Mojokerto jelas Samijo. (Kom-PHT/Puslitbang/HRT).