Diseminasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Tahun 2019

Puslitbang  Perhutani  Gelar Diseminasi Hasil  Penelitian Tahun 2019

 

PUSLITBANG, PERHUTANI (5/3/2020) | Pusat Penelitian Dan Pengembangan (Puslitbang) Perhutani mengadakan Diseminasi Hasil Penelitian Tahun 2019 dengan Narasumber Pakar Universitas Gadjah Mada Wiyono, S.Hut,M.Si di Grahawirawanayasa, Batokan, Kasiman, Bojonegoro, Kamis (5/3).

Diseminasi  pada hari Kamis tanggal 5 Maret 2020 adalah kegiatan para Peneliti Puslitbang Perhutani untuk mendesiminasikan  karya Penelitian  Puslitbang Perhutani Tahun 2019.  Acara  tersebut dihadiri oleh Kantor Pusat  Kadiv Perencanaan dan Pengembangan Bisnis M Yusuf Noorhadiyanto,  Kepala Divisi Pengelolaan Sumber Daya Hutan Susilo Budi Wacana, Tenaga Profesional Pusdikbang SDM Perum Perhutani Madiun Taufik Setyadi dan Mubarak Nur Alamsyah Sigit, Perwakilan Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Perwakilan Divisi Regional Jawa Tengah, Divisi Regional Jawa Timur.

Puslitbang Perhutani  Desiminasikan   12  Judul Hasil Penelitian dari  total  Penelitian 30 judul selama tahun 2019.  Diseminasi tahun 2020 ini  adalah  penelitian yang aplikatif dan langsung ada hubungan dengan kegiatan dilapangan.   Saat  Diseminasi   yang menjadi pembicara sekaligus  Prior Informed Consent (PIC)  adalah   para peneliti  antara  Dian Rodiana  ( Evaluasi dan Pemeliharaan Tanaman Uji  Jati),  Aris Wibowo  (Penemuan  Klon Unggul Baru dari Evaluasi Uji Klon Jati), Padang Jayanto (Studi Potensi dan Peningkatan Produktivitas Getah Pinus Merkusii) Dedi (Optimasi Perbanyakan Vegetatif Pinus Merkusii) Rika Rahmawati (Kajian Trubusan Produksi Benih dan Perbanyakan Vegetatif Tanaman Gamal dan Eksplorasi dan Optimasi Perbanyakan Vegetatif Sonokeling dan Mahoni Unggul), Iwan Gunawan (Penelitian Pemanenan Tanaman Biomasa), Novinci Muhariyani (Kajian Sadapan Getah dengan PJ18 dan SN72), Arga Pramudita (Pemanfaatn Kayu JPP sebagai Bahan Baku Kontruksi), Siti Soelichah (Kepuasan dan Keterikatan Pengunjung Wisata Perhutani), Hermawan Mustika Adi (Penanganan Permasalahan Sosial pada Lokasi Pembangunan Tanaman di BKPH Ngulahan KPH Jatirogo) dan Alim  Sugiharto menyampaikan Studi Keberhasilan Pembangunan Tanaman di BKPH Ngarengan, KPH Pati.

Kapuslitbang Perhutani Yahya Amin, mengucapkan terimakasih kepada segenap undangan dari peserta yang hadir dan langsung membuka Diseminasi Hasil Penelitian,” jelas Yahya Amin.

Kapuslitbang Perhutani  juga menyampaikan  Puslitbang Perhutani pada umumnya kuat penelitian di hulu bila dibandingkan penlitian di hilir.  Pada saat ini Penelitian  Jati, kita sudah ada 4 klon unggul (PHT I, PHT II, PHT III, PHT IV) dan selanjutnya dari hasil penelitian Sdr. Aris Wibowo terdapat juga calon klon unggul sebanyak 19 klon dan  sekaligus menyampaikan pesan Pak Direktur Utama untuk segera lounching PHT III, PHT IV,” tambah Yahya Amin.

 

Narasumber Universitas Gadjah Mada Wiyono dalam memberikan ulasan  mengatakan bahwa Lembaga Penelitian itu harus dilandasi oleh 3 hal yaitu Rencana Jangka Panjang (RJP), Realisme yang diteliti benar-benar berbasis masalah, pragmatisme yang diteliti harus bermanfaat oleh perusahaan, masyarakat, bisa untuk sebagai bahan pengajaran jelas,”  Wiyono.

Dari  hasil  Diseminasi  diharapkan dari hasil penilitian–penelitian tahun 2019 langsung dapat diaplikasikan dilapangan bisa bermanfaat untuk perusahaan, masyarakat dan dapat  digunakan menjadi bahan  kurikulum Pusdikbang SDM  sebagai bahan ajar (Kom-PHT/Puslitbang/HRT)