11 Juni 2020

Konferensi Video Tindaklanjut Kerjasama Penelitian Perhutani dengan P3SEKPI

Konferensi  Video Tindaklanjut Kerjasama Penelitian Perhutani dengan P3SEKPI

PUSLITBANG, PERHUTANI (05/06/2020) | Di tengah wabah pandemi covid-19 yang masih masif berlangsung, Perum Perhutani melakukan konferensi video dengan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan Dan Perubahan Iklim atau P3SEKPI (Balai Penelitian Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), pada Rabu (03/06), pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Konferensi video (konvid) tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut kerja sama penelitian bersama yang telah ditandatangani Puslitbang Perhutani dengan P3SEKPI pada tahun 2019, sebagai sarana komunikasi, koordinasi pra penggalian data-informasi dan persiapan ke lapangan tahun 2020. Kegiatan konvid diikuti managemen Perhutani (Direksi, Divisi Regional Janten, Jateng, Jatim, KPH Purwakarta, KPH Semarang, KPH Bojonegoro, Puslitbang) dan P3SEKPI.

 

Ruang lingkup kerja sama penelitian bersama sebagaimana tertuang dalam PKS Nomor:12/SJ/PLB/2019 dan Nomor:PKS.1/P3SEKPI/PROEV/REN.3/10/2019, tanggal 30 Oktober 2019 tentang Penelitian dan Kajian Sosial Ekonomi, Lingkungan dan Kebijakan dalam Pengembangan Hutan Tanaman Biomassa di Perum Perhutani, meliputi:

  1. Kajian mengenai kebijakan Penatausahaan Hasil Hutan (PUHH) untuk produksi tanaman biomassa.
  2. Kajian model kemitraan dalam pengembangan tanaman biomassa yang melibatkan masyarakat baik di sektor pemanfaatan hulu maupun hilir di sekitar kawasan pengembangan tanaman biomassa di Perum Perhutani;
  3. Kajian mengenai pengaruh pengembangan tanaman biomassa di Perum Perhutani terhadap lingkungan;

Kajian PUHH telah dilaksanakan pada tahun 2019 dengan lokasi penelitian di KPH Semarang (Jateng) dan KPH Padangan (Jatim) serta telah dilaporkan kepada Kemen LHK, sedangkan poin b dan c akan dilaksanakan pada tahun 2020 di KPH Purwakarta (Janten), KPH Semarang (Jateng), dan KPH Bojonegoro (Jatim).

 

Acara konvid dibuka oleh Kepala P3SEKPI, Djati Witjaksono Hadi dilanjutkan paparan dari tim peneliti P3SEKPI, KPH lokasi penelitian dan dilanjutkan dengan diskusi. Pada akhir konvid, semua pihak berharap pengambilan data sekunder dan primer dapat segera dilakukan di lapangan, dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19 yang berlaku (new normal) dan kerja sama ini dapat memberikan dampak yang strategis bagi Perhutani (Kom-PHT/Puslitbang/HRT)